Cara Install Flutter di Windows 10 Tanpa Android Studio

758 View
Cara Install Flutter di Windows 10 Tanpa Android Studio
Cara Install Flutter di Windows 10 Tanpa Android Studio

Cara Install Flutter di Windows 10 Tanpa Android Studio – Halo pembaca yang keren dan kece! Pernahkah kamu mendengar tentang Flutter? Bagi kamu yang suka berkutat dengan pengembangan aplikasi seluler, pasti gak asing dengan framework keren yang satu ini.

Flutter adalah platform open-source buatan Google yang memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi dengan tampilan yang menarik dan antarmuka pengguna yang interaktif, semua dalam satu kode sumber.

Nah, artikel ini akan ngasih kamu panduan lengkap cara menginstall Flutter di Windows 10 tanpa harus repot-repot mengutak-atik Android Studio. Jadi, siap-siap ya, kita bakal jalanin Flutter di Windows dengan mudah!

Syarat-syarat Sebelum Install

Sebelum mulai petualangan seru kita, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dulu, gengs:

  1. Sistem Operasi: Pastikan Windows 10 (64-bit) sudah terpasang di laptop kamu.
  2. Ruang Disk: Jangan lupa sediakan minimal 400 MB ruang kosong di disk.
  3. Prosesor: Untuk kenyamanan, usahakan punya prosesor setidaknya Intel Core i3 atau yang setara.
  4. RAM: Pastikan juga RAM laptop kamu sudah minimal 4 GB ya!

Langkah Pertama: Download Flutter SDK

Nah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download Flutter SDK. Kamu bisa cek langsung ke situs resmi Flutter di https://flutter.dev/docs/get-started/install/windows. Di sana, kamu bakal nemuin pilihan buat download Flutter SDK. Pilih aja yang sesuai dengan sistem operasi Windows, dan tinggal tunggu proses download selesai.

Langkah Kedua: Ekstrak Flutter SDK

Setelah proses download selesai, sekarang saatnya ekstrak file ZIP yang kamu download tadi. Gampang banget, tinggal klik kanan terus extract deh ke folder mana aja yang kamu mau, misalnya “C:\flutter”.

Langkah Ketiga: Setting Path Environment

Supaya Flutter bisa diakses dari mana aja di command prompt (CMD), kamu perlu menambahkan direktori “flutter\bin” ke path environment. Santai aja, caranya simpel kok:

  1. Klik kanan tombol “Start” di Windows dan pilih “System”.
  2. Pada jendela System, kemudian klik “Advanced system settings” di bagian sebelah kiri.
  3. Di jendela “System Properties,” klik “Environment Variables”.
  4. Di bagian “System Variables,” cari variabel “Path” dan klik “Edit”.
  5. Klik “New” dan tambahkan direktori “C:\flutter\bin” (disesuaikan dengan tempat ekstraksi Flutter SDK tadi).
  6. Terakhir, klik “OK” untuk nyimpen perubahannya.

Langkah Keempat: Cek Instalasi Flutter

Nah, sekarang saatnya untuk memastikan bahwa Flutter udah terinstall dengan benar di Windows 10 kamu. Caranya mudah, buka command prompt (CMD) terus ketik perintah berikut:

flutter doctor

Perintah di atas bakal memeriksa konfigurasi instalasi Flutter dan bakal laporanin apa aja masalahnya (kalau ada). Jika ada yang bermasalah, coba benerin masalah-masalah yang disarankan oleh perintah ya!

Langkah Kelima: Install Android Emulator

Walaupun kita nginstall Flutter tanpa Android Studio, tapi tetap aja kita butuh emulator Android untuk tes aplikasi Flutter kita. Emulator yang populer adalah “Android Emulator” dari Android SDK. Kamu bisa download emulator ini terpisah dari Android Studio melalui tautan berikut: https://developer.android.com/studio.

Langkah Keenam: Buat Proyek Flutter Baru

Setelah semua persiapan dilakukan, saatnya kita buat proyek Flutter pertama kita. Buka command prompt (CMD) terus arahkan ke direktori tempat kamu mau simpan proyek. Setelah itu, ketik perintah berikut:

flutter create nama_proyek

Nah, ganti “nama_proyek” dengan nama yang kamu suka untuk proyek Flutter kamu. Flutter bakal bikin proyek baru dengan struktur dasar yang keren abis!

Langkah Ketujuh: Jalankan Aplikasi Flutter

Proyek Flutter berhasil dibuat, waktunya coba aplikasinya di emulator Android. Pastikan emulator sudah jalan sebelum kamu lanjutin. Nah, arahkan command prompt (CMD) ke direktori proyek, lalu ketik perintah berikut:

cd nama_proyek
flutter run

Flutter bakal ngompilasi proyek dan langsung instal aplikasinya ke emulator. Setelah proses selesai, tadaaa! Kamu bisa lihat aplikasi Flutter pertamamu berjalan di emulator. Mantap, kan?

Penutup

Dengan panduan lengkap di atas, sekarang kamu udah siap nge-Flutter di Windows 10 tanpa harus ribet-ribet dengan Android Studio. Ayo, mulai eksplorasi kreativitasmu dan buat aplikasi-aplikasi menarik dengan Flutter. Selamat mencoba dan semoga sukses, gengs!